Rabu, 10 Juni 2015

Perkembangan IPTEK di Bidang Pendidikan

     

Dalam dunia pendidikan perkembangan teknologi informasi mulai dirasa mempunyai dampak yang positif karena dengan berkembangnya teknologi informasi dunia pendidikan mulai memperlihatkan perubahan yang cukup signifikan. Banyak hal yang dirasa berbeda dan berubah dibandingkan dengan cara yang berkembang sebelumnya. Saat sekarang ini jarak dan waktu bukanlah sebagai masalah yang berarti untuk mendapatkan ilmu, berbagai aplikasi tercipta untuk memfasilitasinya.
Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi dapat memudahkan kita untuk belajar dan mendapatkan informasi yang kita butuhkan dari mana saja, kapan saja, dan dari siapa saja
Perkembangan teknologi di bidang sudah saya rasakan sejak masih duduk dibangku SMP, tapi saya baru bisa merasakan dampaknya saat saya SMK dulu. Di sekolah saya dulu sudah menerapkan sistem unjian online, mulai dari ujian tengan semester (UTS) sampai ujian kenaikan kelas (UKK). Dan sekarang sudah mulai berkembang hingga ujian nasionalpun (UN) online. Ada dampak positif dan negatif dari perkembangan teknologi ini khususnya dibidang pendidikan (menurut saya).
Dampak positif :
  1. Bisa menghemat biaya pengeluaran sekolah
  2. Limbah kertas berkurang
  3. Pengetahuan tentang dunia luar bertambah
  4. Sumber informasi yang didapat banyak, dsb
Dampak negatif :
  1. Malas berusaha, karena sudah mengandalakan kecanggihan internet
  2. Minat terhadap buku berkurang
  3. Dapat juga terjerumus ke dalam hal - hal yang kurang baik
  4. Malas berfikir, dsb
Dari semua itu, tergantung pribadi kita masing - masing bagaimana cara kita membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Dengan berkembangnya teknologi ini kita juga harus meyikapinya dengan bijaksana. Masih banyak sekolah di negara ini yang belum terjamah oleh perkembangan teknologi, terutama di bidang pendidikannya. Sebagai penerus bangsa kita harus sama - sama berjuang agar semua bisa terjamah oleh perkembangan teknologi ini, karena peran teknologi informasi di dunia pendidikan sangatlah penting dengan adanya teknologi informasi segala macam ilmu pengetahuan dan informasi dapat diterima dan didapatkan dengan mudah dan cepat. Mungkin jika teknologi di bidang pendidikan tidak berkembang, pendidikan  di negara kita juga bisa tertinggal jauh oleh negara - negara lain. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar